Apa yang Menjadikkan Cloud Hosting Banyak Diminati?

Banyak eksekutif bisnis mungkin bertanya-tanya mengapa staf TI mereka memiliki minat mendadak dalam cuaca. Pada suatu sore yang cerah, mereka sama-sama bingung dengan semua referensi tentang awan. Dalam perspektif ini, tolong bantu Anda menguraikan apa yang sedang mereka bicarakan, mengapa Anda harus peduli, dan bagaimana Anda harus melanjutkan.

Apa itu Cloud?
Pertama, Awan bukanlah sesuatu; Sebuah metode penyampaian layanan komputasi IT. Tidak ada perangkat baru yang disebut Cloud. Tapi, solusi yang disampaikan awan memang memiliki kehadiran fisik; Itu duduk di perangkat keras dan menjalankan perangkat lunak seperti server yang duduk di pusat data Anda hari ini. Bedanya adalah bagaimana caranya melakukan sebanyak mana yang dilakukan.

Komputasi awan bergantung pada virtualisasi server (mengambil server fisik dan membagi-baginya menjadi beberapa server virtual yang masing-masing beroperasi secara independen pada perangkat fisik yang sama), virtualisasi penyimpanan melalui SAN (jaringan area penyimpanan), dan jaringan (internet, VPN, LAN, WAN). Teknologi ini digabungkan dan direkayasa untuk kemudian memberikan solusi yang memberikan pengalaman mandiri, infrastruktur fisik.

Kedua, sementara ada beragam pakar dan penyedia yang membicarakan Cloud Computing, Anda tidak akan menemukan satu definisi pun. Satu awan gagah adalah anuman host server farm. Tidak mau mengklaim definisi kami adalah jawaban terakhir, namun konsisten dengan apa yang akan Anda temukan di pasar saat ini dan kemungkinannya akan bergerak ke depan.

Dalam pandangan kami, komputasi Cloud hadir dalam beberapa rasa; Awan Publik, Awan Pribadi, dan Multi-penyewa Awan.
Awan Umum telah bersama kami untuk sementara waktu. Jika Anda menggunakan Gmail, Aplikasi Google, Hotmail, atau host situs web Anda dengan Microsoft (seperti UPi), Anda menggunakan komputasi Cloud. Perangkat keras dan aplikasi berada di tempat lain dan Anda berbagi sumber daya dengan banyak orang lain. Anda terhubung (biasanya melalui internet) dan memanfaatkan layanan ini dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada yang dapat Anda harapkan untuk menduplikatnya sendiri. Pikirkan jika kita semua harus menjalankan server Exchange sendiri untuk email atau meminta teknisi staf untuk mendukung situs web bisnis kecil, tidak praktis.

Awan Pribadi adalah ujung spektrum yang lain. Sebuah bisnis memiliki sekelompok server dan aplikasi bisnis yang berbagai departemen, unit operasi dan situsnya terhubung. Koneksi ini bisa melalui internet, VPN, jaringan area lokal, atau jaringan area luas, tidak masalah. Sumber daya komputasi terpusat dan semua orang dalam bisnis menggunakannya. Juga tidak masalah di mana server ini berada, mereka dapat berada di pusat data perusahaan, di pusat data lokasi bersama yang dimiliki oleh orang lain, atau bahkan berjalan di perangkat keras yang disediakan oleh pihak ketiga di pusat data perusahaan tersebut. Apa yang membuat Cloud Awan dalam kasus ini, versus hanya pusat data sentral, adalah nuansa bagaimana server, penyimpanan, dan jaringan dikonfigurasi dan saling berhubungan untuk mencapai manfaat komputasi Cloud.

Multi-penyewa Awan adalah jawaban hibrida dan di mana kita benar-benar akan mulai melihat sesuatu yang sangat berbeda dari cara tradisional memikirkan TI. Di lingkungan Multi-penyewa ini, Anda berbagi sumber daya, tapi menganggapnya lebih sebagai kolam mobil daripada bus umum. Penyedia Cloud Multi-tenant membagi sumber daya Cloud di antara para pelanggannya. Metode pembagian ini bervariasi oleh penyedia dan merupakan pertimbangan utama saat bisnis berjalan mencari layanan ini. Semua pelanggan di Cloud berbagi sumber daya yang besar namun dengan pagar dan jalur berenang dan metode keamanan dan kontrol lainnya, data dan pemrosesan pelanggan dipisahkan dan dilindungi.

Terakhir, Anda mungkin juga mendengar pembicaraan tentang Infrastructure as a Service (IaaS). Komputasi awan adalah salah satu jenis IaaS. Model server host tempat penyedia memiliki peralatan, menghostingnya di pusat data mereka, dan menyediakan layanan untuk mengelola infrastruktur juga akan berada di bawah payung IaaS. Model penetapan harga, ketersediaan, dan fleksibilitas akan berbeda dari Awan, namun infrastrukturnya tetap disediakan sebagai layanan vs. pengiriman dan kepemilikan fisik atau yang disewa oleh Anda.

Mengapa saya peduli?
Sekarang saya bingung dan Anda meraih botol aspirin, mari kita sedetik untuk mengatakan mengapa bisnis harus peduli dengan hal ini. Jawabannya adalah tiga kali lipat: Ketersediaan, Fleksibilitas dan Biaya.
Solusi Cloud yang dirancang dengan benar sangat tersedia. Server individu berbagi beban dengan server lain dan jika ada yang gagal, yang lain mengambil kekurangannya. Secara teori, Anda tidak akan pernah mengalami down time karena kegagalan server selama Cloud itu sendiri masih ada (ingat Cloud tidak berada pada perangkat fisik dan dapat dihancurkan atau tidak mampu seperti hal fisik lainnya). Demikian pula, penyimpanan data dikonfigurasi menggunakan teknologi RAID (bukan semprotan bug) yang memungkinkan redundansi data sehingga kegagalan perangkat keras tunggal pada perangkat penyimpanan tidak akan membuat bisnis Anda berhenti. Ini sangat keren, tapi sangat compli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s