Mengapa Cloud Banyak Dipilih Saat Ini?

Cloud Computing tentunya merupakan teknologi masa depan di dunia komputasi, karena banyaknya kelebihannya. Namun, ini bisa menjadi kejutan besar bagi banyak orang bahwa hal itu tidak ada hubungannya, apapun, dengan awan, pesawat terbang, pesawat ruang angkasa atau perangkat yang berada pada ketinggian tinggi. Ya, satelit digunakan, sampai batas tertentu, dalam komunikasi komputer, tapi memang tentang semua awan itu ada hubungannya dengan komputasi awan! Ada komputer arent terpasang di dalam satelit yang mengorbit bumi dan sebagainya (kecuali yang khusus yang merupakan bagian dari satelit itu sendiri).

Asal usul awan, dalam konteks komputasi awan, terletak pada Ilmu Pengetahuan / Matematika. Menurut Wikipedia, awan adalah aglomerasi besar objek yang muncul secara visual dari kejauhan sebagai awan dan menjelaskan serangkaian hal yang rinciannya tidak diperiksa lebih lanjut dalam konteks tertentu. Pada grafik elementer (atau plot XY sederhana), kelompok titik disebut titik awan. Dalam Astronomi, aglomerasi padat gas dan partikel di ruang angkasa dikenal sebagai nebula (bahasa Latin untuk kabut atau awan). Serupa artinya dalam Fisika ketika kita

mempertimbangkan posisi tak pasti elektron di sekitar kernel atom (juga dikenal sebagai awan) dan seterusnya. Menerapkan definisi awan ini ke ranah komputasi, cluster (atau jaringan) komputer adalah awan komputer. Jadi, akhirnya, istilah Cloud Computing yang menyiratkan komputasi yang dilakukan oleh jaringan komputer (di mana anggota berada cukup dekat satu sama lain) di seluruh dunia. (Tentu saja, kelompok mungkin juga saling terhubung, yang mengarah ke jaringan global untuk mengkomunikasikan komputer.)

Secara fisik, komputer di Cloud berada di bumi itu sendiri. Dan, di tempat mereka sekarang ada! Ketika kita perlu mengambil pandangan abstrak (seperti dalam hal perancangan perangkat lunak, perencanaan dan penganggaran), rincian fisik tidak relevan dan kita menemukan simbol sangat berguna karena mereka menyampaikan apa yang dimaksudkan dengan jelas, namun menggunakan sedikit ruang dan menyembunyikan detail yang tidak perlu. .

Akhirnya, mengapa semua petinggi IT menuju Awan akhir-akhir ini? Berikut empat manfaat utama bersama-sama membentuk jawaban untuk pertanyaan ini:
1. Penggunaan komputer yang jauh lebih efisien sehingga membutuhkan komputer yang jauh lebih sedikit dalam operasi daripada sekarang, untuk memenuhi persyaratan komputasi dunia.
2. Hemat energi dari penggunaan komputer yang lebih sedikit (konsekuensi langsung dari poin 1 di atas).
3. Penghematan biaya dari kedua hal tersebut diatas.
4. Pengurangan / Perlambatan Pemanasan Global (karena poin 2 di atas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s